Ribuan Warga Hadiri Pagelaran Wayang Kulit Dua Dalang dengan Lakon Parikesit Dadi Ratu, Darori : Budaya Harus Kita Rawat

KEBUMEN, BeritaKami.com – Memasuki masa tenang untuk kampanye, anggota DPR RI dari Komisi IV Ir.KRT Darori Wonodipuro sekaligus Caleg dari Partai Gerindra daerah pemilihan (Dapil) VII Jateng Kebumen, Banjarnegara, Purbalingga, sukses menggelar wayang kulit yang dihadiri ribuan warga, di Lapangan Desa Redisari, Rowokele, Jumat (9/2/2024) malam.

Bersama Sanggar Wonodipuro Petanahan dan Yarianto calon legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Dapil X Jateng (Kebumen, Banjarnegara, Purbalingga) dari Partai Gerindra nomer urut 2, menyebut gelaran wayang kulit dua dalang, 14 sinden dan 10 lengger calung ini sebagai hiburan rakyat Kebumen di kampanye terakhir sebelum masa tenang.

“Pagelaran wayang ini bukan hanya untuk memberikan hiburan rakyat, tapi bukti kami dalam upaya mengembangkan seni budaya jawa. Komitmen saya saat ini sebagai anggota Komisi IV DPR RI peduli untuk kita rawat, kembangkan dan kita lestarikan seni budaya di tengah masyarakat,” terang Darori Wonodipuro dihadapan ribuan warga yang hadir.

Keseriusan dalam mengembangkan dan melestarikan seni budaya tersebut diamini Yarianto Ketua Sanggar Wonodipuro Petanahan Kebumen. Caleg muda asli Desa Redisari, Kecamatan Rowokele ingin menujukan bahwa dirinya memang berkomitmen untuk ikut nguri-nguri kebudayaan jawa, salah satunya wayang kulit.

“Karena salah satu tanda kemajuan suatu bangsa, disamping kesejahteraan penduduk dan tingkat pendidikan yang tinggi, adalah kemajuan seni budayanya,” sambungnya.¬†

Komitmen dirinya bersama Ir.KRT Darori Wonodipuro tidak hanya pada seni budaya wayang kulit namun akan menjaga dan melestarikan kesenian dan kebudayaan yang ada di seluruh Indonesia sebagai keragaman budaya bangsa.

“Bukan hanya wayang kulit mas, malam ini kami juga hadirkan 10 lengger calung lintas generasi wujud bersama Pak Darori mengapresiasi dan berkontribusi dalam mengembangkan dan melestarikan semua budaya,” ucap Yarianto.

Yarianto lantas berpesan agar budaya yang ada di tengah masyarakat untuk terus dijaga dan dilestarikan hal ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dan merawat persatuan dan kesatuan bangsa. Kemeriahan pagelaran wayang kulit dan lengger calung bertambah saat Yarianto dan Darori Wonodipuro bersama 14 sinden menyanyikan lirik lagu bahasa jawa untuk kemenangan Prabowo-Gibran.

“Mari kita bersama Gerindra, Mari kita bersama Gerindra, Bapak Darori DPR RI, Mas Yarianto di Propinsi, Bersama Dukung Indonesia Maju, Prabowo Gibran Pilihan Kita, Prabowo Prabowo..Prabowo Presiden Indonesia”

Kolaborasi dua dalang Ki Samijan dan Ki Wido Seno Aji dengan lakon Parikesit dadi Ratu, makin membuat kemeriahan gelaran wayang kulit, membuat ribuan masyarakat tak beranjak dari tempat duduk mereka.

Turut hadir dalam pagelaran wayang kulit tersebut Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Kebumen, Raden Suman Sri Husodo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *